Kisah Seorang Admin [Operator Warnet]


Kalau kamu pergi ke warnet pagi-pagi sekali, ada orang yang matanya terkantuk dan mulai salah memberi uang kembalian anda...

Dia adalah Operator Warnet yang jam kerjanya tidak akan terbayangkan olehmu...

Pengaturan shift yang tidak biasa telah menjadi makanan sehari-harinya...
Jam kerjanya biasanya tidak tentu...dan setiap shiftnya memakan waktu 12-14 jam, terkadang bahkan sampai 24 Non stop...
Jadi bayangkan saja...
Dengan gaji pas-pasan UMR bahkan terkadang di bawah UMR, Operator Warnet tetap setia melayani pelanggan...

Operator Warnet adalah orang yang multi talented people dan pintar....

Kenapa saya bilang mereka multi talented?

Beberapa pekerjaan di bawah ini saya alami selama 3 bulan menjadi OP warnet

Tanpa Anda sadari Operator Warnet itu merangkap beberapa pekerjaan antara lain :

1. Teknisi Komputer Kalo yang ini dikit-dikit bisa lah. Kalo yang ngga ngerti sama sekali ya berusaha benerin sebisa mungkin walaupun terkadang malah makin ga beres.

2. Software Analyze Ini lagi....software segala macam seharusnya sudah di luar kepala.

3. User's Trainer / User's Guide / Google, E-mailing, Friendster, FacebookExpert
terkadang ada user yg gaptekna setengah mati... sampe2 nyalain komputer aja ga isa... tapi urusan b***p lihainya minta ampun...

Intermezzo User : Aaaa, ini komputerna kok ga nyala-nyala sih?
OP : Tombol power di CPUna dah dipencet lom Teh?
User : Tombol power itu yg mana ya, A?
OP : gubrag....?????!!!!!!

Selain itu terkadang mereka meluangkan waktunya untuk ngajarin anak sma-smp gaptek yg pengen ikutan tren FACEBOOK! ngajarin mereka yg belum pernah bikin E-mail bahkan yang belum kenal sama sekali dengan search engine misal Google.

Intermezzo
User : A, ni cara daftar facebook sama bikin email gimana yah?
OP : ???, bentar ya pak? [ngluangin waktuna bentar ke bilik klien]
User : Saya mau cari temen saya di facebook tapi harus daftar dulu.
OP : ???, Sini pak saya daftarain pertama2 bikin email dulu abis gitu baru bikin facebook.
User : Ohh gitu yah A.
OP : [Ngga terasa udah hampir sejam aku ngajarin si bapak bikin facebook] udah yach pak *[balik ke posisi OP].
User : Makasih ya A.
OP : sama-sama pak *[sambil mengerutu]
4. Cleaning Service
ini berlaku bagi semua shift!! luar biasa!! begitu dateng maupun sehabis begadang Anda diharuskan membersihkan warnet dari segala macam kotoran!! tidak terkecuali membersihkan kamar mandi!!
beres-beres, nyapu, ngepel dan ini aku lakukann tiap hari.

5. Ahli Pembukuan
menjadi ahli akuntansi mendadak ketika mencatat pengeluaran/ pemasukan/ stok/ sekalian jadi orang purchasing.

6. Psikiater
banyak juga orang curhat ma operator. Untung-untung kalo yg curhat cewe cakep Hehe...

7. Kuli Angkut
luar biasa.... berat juga ngangkat minuman berkrat-krat.... [Belanjaan big bos buat stok softdrink di warnet]

8. Network Expert Network Connection and Sharing!!! itu mah udah makanan sehari-hari....!!!!

9. Tukang Parkir .. yang harus nata motor dan jagain.

10. Anger Management / Can Work Underpreasure tiap hari makan Hati melulu kalau ketemu user yang nyolotin. paling ribet kalau koneksi lagi lelet atau putus misalnya, ribet ngurusin duit kembalian kalo bener-bener koneksi putus atau ribet ma user yg crewet kalau pas lagi lemot koneksinya.

11. The Bodyguard / The Guardian / The Satpam selalu siap sedia korbankan jiwa dan raga wat jagain warnet dari para perusuh, user rese, user jail yg klepto, preman mabuk dll.

12. Sekretaris Pribadi User terkadang ada user yang minta diketikin lah, dibuatin coverlah, dicariin datalah, minta salin data maupun disuruh ngeprint out.

13. Designer Grafis and Manipulating
yang aku pake biasanya Photoshop dan Photoscape.

*Inilah dia sekedar preview pekerjaan Operator Warnet so jangan anggap remeh pekerjaan mereka... [Ripuh nu puguh mah] *kaluar bahasa aslina [Sunda].